Gubernur Arinal Dorong Pengembangan Koperasi dan UMKM Lampung

Bandar Lampung,  —– Gubernur Arinal didampingi Ketua Dekranasda Provinsi Lampung, Riana Sari memberikan arahan pada kegiatan coffee morning yang digelar oleh Pemerintah Provinsi Lampung, bertempat di Hotel Sheraton Lampung, Rabu (21/10/2020).

Coffee Morning yang mengusung tema Transformasi Koperasi dan UMKM Lampung Pasca Pandemi Covid-19 Mendorong Sektor Riil dan Digitalisasi UMKM diadiri oleh unsur Kanwil Dirjen Pajak, Kepala OJK, Pimpinan Perbankan, BUMN dan BUMD dan pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

Dalam laporannya, Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Taufik Hidayat mengungkapkan bahwa acara coffee morning merupakan acara rutin yg diselenggarakan sebagai wadah komunikasi antara Pemerintah Provinsi Lampung dengan dunia usaha, UMKM, perbankan dan sektor riil.

Dalam kegiatan tersebut dibahas berbagai Program dan stimulus yang ditujukan untuk mendorong pengembangan Koperasi dan UMKM untuk terus menjalankan usahanya di tengah Pandemi Covid-19 dan membangun siinergi dengan penggiat Koperasi dan pelaku UMKM Provinsi Lampung.

Sementara itu dalam arahannya, Gubernur Arinal mengungkapkan bahwa saat ini Pemerintah Provinsi Lampung terus berusaha dengan berbagai upaya untuk mendorong pengembangan Koperasi dan UMKM.

“Saya harus menyerap aspirasi, karena pembangunan di Provinsi Lampung harus dilakukan bersama – sama, Pemerintah memberikan perhatian yang besar kepada UMKM,” ungkap Gubernur.

Menurut Arinal, Provinsi Lampung saat ini merupakan lokomotif pertanian dan ketahanan pangan di Indonesia yang mendukung pemenuhan kebutuhan pangan di Indonesia, disamping Lampung sebagai penghasil komoditi pertanian dan perkebunan, sektor UMKM terus dikembangkan, hilirasi produk pertanian dan perkebun harus diperankan oleh UMKM, pengembangannya sangat bergantung kepada cara pengelolaan dan penanganannya.

Untuk itu Pemerintah Provinsi Lampung mendukung penuh usaha dan upaya yang terus dikembangkan oleh Koperasi dan UMKM yang ada di Provinsi Lampung.

“Pemerintah terus mendorong pengembangan koperasi dan UMKM untuk memajukan usaha kerakyatan di Provinsi Lampung,” ujarnya.

Lebih lanjut Gubernur Arinal mengungkapkan bahwa Pandemi Covid-19 saat ini justru diharapkan menjadi pemicu kebangkitan bagi UMKM, dimana saat ini pemasaran dan transaksi cenderung dilakukan dengan mengadopsi teknologi digital.

“Saya berharap agar pelaku usaha dapat melakukan berbagai penyesuaian, termasuk menjajaki ruang – ruang digital,” harapnya.

Gubernur Arinal juga berpesan kepada seluruh pelaku usaha untuk tetap selalu menerapkan protokol kesehatan dengan penuh kesadaran dimasa Pandemi covid-19 ini.

Dalam kegiatan coffee morning ini, pelaku usaha juga mengharapkan fasilitasi pemasaran produk – produk UMKM baik nasional maupun ekspor.

“Hari ini saya mengumpulkan UMKM, untuk keluarkan kesulitan, keluarkan potensi, sehingga Pemerintah dapat mendengar dan memberi jalan keluar,” ungkap Gubernur Arinal.

Pengembangan UMKM dibidang kelautan dan Perikanan juga menjadi sorotan Gubernur disela – sela arahannya. (Red).