Lampung – Badan Intelijen Negara Daerah (Binda) Lampung memulai pelaksanaan vaksinasi Covid-19 perdana untuk anak berusia 6-11 tahun di SDN 2 Branti Raya Kecamatan Natar Kabupaten Lampung Selatan. Pelaksanaan vaksinasi anak usia 6-11 tahun tersebut merupakan yang pertama kali dilaksanakan di Provinsi Lampung.

“Binda Lampung melaksanakan Vaksinasi untuk anak usia 6 sampai 11 tahun untuk pertamanya di Kabupaten Lampung Selatan, kegiatan ini sesuai dengan instruksi Presiden RI atas rekomendasi dari BPOM dan Kementerian Kesehatan RI dalam rangka mencegah penularan Covid-19 di lingkungan sekolah utamanya setingkat SD dan SMP,” ujar Kabinda Lampung Iwan Satriawan dalam keterangan tertulis, Kamis (16/12/21).

Kabinda Lampung menambahkan bahwa kedepan Binda juga akan melaksanakan vaksinasi dengan sasaran anak umur 6-11 tahun di Kabupaten/Kota lain guna memacu percepatan vaksinasi nasional dan membentuk herd immunity untuk memutuskan rantai penyebaran virus COVID-19.

“Vaksinasi untuk anak sangat diperlukan dalam rangka mencegah gejala berat dan kematian anak, serta mencegah penularan COVID-19 kepada anggota keluarga yang belum atau tidak dapat menerima vaksin,” kata Kabinda Lampung.

Jenis Vaksin yang diberikan untuk anak usia 6-11 tahun adalah vaksin Sinovac, yang sebelumnya telah diuji oleh BPOM dan memenuhi standar penggunaan, sehingga para guru dan orangtua murid tidak perlu khawatir terhadap vaksin yang diberikan kepada anaknya.

“Pelaksanaan vaksinasi jenis Sinovac terhadap anak usia 6-11 tahun dilakukan setelah adanya izin dari BPOM. Disamping itu, vaksinasi anak juga dilakukan dalam rangka mendukung pelaksanaan PTM di level SD sampai SMP,” tegasnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Bina Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Lampung Selatan Basuki Didik Setiawan mengatakan, vaksinasi kepada anak usia 6-11 tahun perdana digelar di Provinsi Lampung khususnya Lampung Selatan berkat kerjasama dengan Binda Lampung. “Pemerintah secara nasional sudah launching kegiatan vaksinasi untuk anak usia 6-11 tahun oleh Presiden Joko Widodo dan hari ini Perdana dilaksanakan di Provinsi Lampung yang dilaksanakan Di SDN 2 Branti Raya Kabupaten Lampung Selatan dengan target 500 dosis,” katanya Didik.

Sesuai Surat Keputusan Menkes RI, terdapat 2 kabupaten di Provinsi Lampung yang direkomendasikan melaksanakan vaksinasi anak usia 6-11 tahun yaitu Kabupaten Lampung Selatan dan Mesuji.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *