Tanggamus, – Suttan Junjungan Sakti ke-27 Paksi Buay Belunguh, Paksi Pak Sekala Brak hadiri kegiatan Adat Marga Buay Belunguh di Pekon Umbul Buah, Kec. Kota Agung Timur, Kab. Tanggamus.

Kehadiran Puniakan Beliau M. Yanuar Firmansyah (Glr : Suttan Junjungan Sakti ke-27 Paksi Buay Belunguh, Paksi Pak Sekala Brak) didampingi langsung oleh Dang Ike Edwin (Tokoh Adat Lampung) disambut secara meriah serta sukacita oleh Masyarakat adat Marga Buay Belunguh yang ada di Pekon Umbul Buah tersebut.

Puniakan Beliau M. Yanuar Firmansyah menyampaikan “kegiatan adat ini merupakan ajang silaturahmi dalam rangka menjaga tradisi dan nilai luhur adat budaya Lampung, karena tradisi Kerajaan Paksi Pak Sekala Brak sudah ada sejak zaman nenek moyang dimana adat Saibatin hingga saat ini masih terjaga trah nya secara turun temurun, lurus tidak terputus serta sangat terpelihara” Ucapnya.

“Marga Adat Buay Belunguh yang ada di Pekon Umbul Buah, Kec. Kota Agung Timur, Kab. Tanggamus ini secara garis keturunan tidak bisa terpisahkan dari Kerajaan Paksi Pak Sekala Brak yang merupakan asal usul sejak dahulu kala, sehingga kita sebagai penerusnya mempunyai kewajiban untuk menjaga Prosesi Tata Cara, Pemberian Adok/Gelar, Perangkat Adat, Silsilah Keturunan serta seluruh kewajiban masyarakat adat yang ada didalamnya” Tandas Puniakan Beliau

Salah satu toko adat, Amirudin (Glr : Dalom Pemangku Marga Buay Belunguh ke-16) menyampaikan “Amat sangat terharu dengan kegiatan adat Anjau silau ini karena dengan kehadiran Suttan Junjungan Sakti Paksi Buah Belunguh dan Dang Ike Edwin memberikan semangat dan motivasi kepada masyarakat adat yang ada disini untuk mempertahankan kewajiban dan warisan adat yang selama ini kurang diperhatikan” ungkapnya

“Padahal itu semua adalah merupakan gagasan kebudayaan yang terdiri dari nilai-nilai hukum kebiasaan, norma dan hukum adat yang mengatur prilaku masyarakatnya, atas hal ini semua kami sebagai masyarakat adat wajib mempertahankan nilai luhur dan seluruh warisan adat yang termasuk didalamnya” Tandas Dalom Amirudin.

Dalam rangkaian acara adat tersebut juga dilaksanakan “Penyematan PIN” tanda kehormatan gelar adat oleh Puniakan Beliau M. Yanuar Firmansyah (Glr : Suttan Junjungan Sakti ke-27 Paksi Buay Belunguh) dimana prosesi tersebut merupakan pengukuhan kewenangan gelar terhadap tokoh adat yang ada di Marga Buay Belunguh, Pekon Umbul Buah, Kab. Tanggamus.

Ketua Panitia Acara Adat, Azhari, S.H, MM (Glr : Batin Nur Jati) mengatakan “Alhamdulillah acara ini berjalan sukses sesuai harapan, kegiatan ini akan kami jadikan sebagai momentum keakraban serta kekompakan masyarakat adat buay Belunguh untuk terus menjaga tradisi, nilai adat serta keutuhan seluruh warisan adat dan budaya yang terkandung didalamnya” pungkasnya. (UUD/OKI/IBNU/AGUS)
TIM KMI TANGGAMUS

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *