Tubaba, – Tumijajar, Lanud BNY. Kepala Staf Komando Operasi Udara I (Kas Koopsud I) Marsekal Pertama TNI Jorry S. Koloay, S.I.P., M.Han. secara resmi membuka Serbuan Teritorial TNI di wilayah Lanud Pangeran M. Bun Yamin TA. 2022 di Lapangan Tiyuh Margodadi, Tumijajar, Tulang Bawang Barat. Senin (6/6/2022).

Panglima Komando Operasi Udara I (Pangkoopsud I) Marsda TNI Ir. Tedi Rizalihadi S., M.M. dalam sambutan yang dibacakan Kas Koopsud I Marsma TNI Jorry S. Koloay, S.I.P., M.Han. mengatakan, program Serbuan Teritorial TNI Tahun 2022 di wilayah Lanud Pangeran M. Bun Yamin merupakan wujud nyata kemanunggalan TNI dengan rakyat guna mewujudkan kesejahteraan sosial serta mendukung pembangunan nasional.

“Serbuan Teritorial TNI Lanud Pangeran M. Bun Yamin ini sebagai bentuk usaha untuk mengatasi kesulitan rakyat disekelilingnya sekaligus menumbuhkan jiwa bela negara melalui bentuk kegiatan karya bakti, komunikasi sosial, dan pertahanan wilayah di Provinsi Lampung,” tegas Kas Koopsud I.

Lebih lanjut Kas Koopsud I menyampaikan, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan profesionalisme insan teritorial TNI dalam menyelenggarakan ketahanan wilayah, komunikasi sosial dan bakti TNI di wilayah tugasnya masing-masing, sesuai dengan dinamika sosial yang ada di daerah tugasnya.

Dalam kesempatan tersebut, Danlanud Pangeran M. Bun Yamin Letkol Nav Yohanas Ridwan, S.T., M.Han. menjelaskan, sasaran serbuan teritorial TNI meliputi kegiatan fisik dan kegiatan non fisik. Kegiatan fisik di wilayah Kab. Tubaba berada di Tiyuh Margodadi Kecamatan Tumijajar meliputi renovasi Mushola, pembangunan jembatan beton ukuran 3 x 4 M, dan renovasi jembatan besi ukuran 12.5 x 3.5 M serta kegiatan non fisik diantaranya Khitanan Massal, Donor Darah, Bakti Sosial, Penyuluhan Kesehatan dan penyuluhan Ketahanan Pangan.

Selanjutnya kegiatan fisik di wilayah Kab. Tuba berada di Kampung Bawang Sakti Jaya meliputi renovasi Mushola, renovasi saluran air 4 x 1 M, renovasi toren air, dan pembangunan jembatan beton ukuran 4 x 3 M serta kegiatan non fisik diantaranya Penyuluhan Kesehatan dan Ketahanan Pangan, kegiatan Persami, dan penyuluhan Bela Negara.

Selain itu Danlanud BNY menambahkan waktu pelaksanaan serbuan teritorial TNI Lanud Pangeran M. Bun Yamin dilaksanakan dari tanggal 6 Juni sampai dengan 5 Juli 2022 dan sejak tanggal 23 Mei sudah diawali dengan kegiatan Pra serbuan teritorial TNI.

Serbuan Teritorial TNI ini mengusung tema “Dengan Semangat Serbuan Teritorial TNI Kita Tingkatkan Kegiatan Binter TNI Secara Masif Guna Mengatasi Kesulitan Rakyat di Wilayah Pangkalan TNI AU Pangeran M. Bun Yamin”. Selain itu kegiatan juga dimeriahkan dengan atraksi Paramotor binaan Lanud Pangeran M. Bun Yamin.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Aspotdirga Koopsud I Kolonel Pnb Adi Setio Nugroho, para pejabat Forkopimda Kabupaten Tulang Bawang Barat dan Kabupaten Tulang Bawang. (Red)

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *