Bandar lampung, – Universitas Bandar Lampung (UBL) laksanakan Yudivium dan Wisuda Sarjana (Strata 1) dan Pascasarjana (Strata 2) Universitas Bandar Lampung Periode Ganjil 2022/2023 tanggal 10 Nopember 2022.(10-11-2022).

Kegiatan itu dihadiri oleh Gubernur Provinsi Lampung, Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah II Palembang, Ketua Dewan Pembina Yayasan Administrasi Lampung; Ketua Yayasan Administrasi Lampung beserta jajarannya , Saudara – saudara anggota senat, dan para wisudawan/wisudawati, serta keluarga wisudawan yang berbahagia.

“Disertai dengan rasa bangga, Saya atas nama Civitas Akademika Universitas Bandar Lampung ingin mengucapkan selamat kepada seluruh wisudawan Program Magister dan Program Sarjana Universitas Bandar Lampung, karena pada hari ini, Saudara mendapatkan sebuah gelar baru yaitu Sarjana dan Magister dari Universitas Bandar Lampung sebagai bentuk pengakuan terhadap kompetensi baru yang telah Saudara raih” Ujar Prof. Dr. Ir. M. Yusuf S. Barusman, MBA  Selaku Rektor Universitas Bandar Lampung

Prof Yusuf Juga Mengatakan atas nama Civitas Akademika Universitas Bandar Lampung juga mengucapkan terima kasih, serta penghargaan yang setinggi-tingginya atas kepercayaan Bapak / Ibu sekalian yang sudah mempercayakan studi putera / i di Universitas Bandar Lampung.

“kita semua harus melaksanakan kegiatan Tridharma dengan disertai berbagai pembatasan sosial dikarenakan pandemi Covid-19. Dengan diimplementasikannya Program Vaksinasi Nasional sejak awal 2021, dan disertai kepatuhan dalam pelaksanaan Protokol Kesehatan, penyebaran Covid-19 kini telah semakin terkendali.” Lanjutnya.

Prof Yusuf juuga menajak para mahasiswa untuk mulai ‘Kembali ke Kampus’ dan melaksanakan Pembelajaran Tatap Muka..

“Meskipun demikian, kita tetap perlu bersikap waspada. Kegiatan ‘Kembali ke Kampus’ dan Pembelajaran Tatap Muka harus dilaksanakan dengan kehati-hatian, dan dijalankan dengan penegakan kepatuhan terhadap Protokol Kesehatan, serta mulai beradaptasi dengan kondisi pasca Covid 19.” Ujarnya.

Ditempat yang sama Prof. Dr. Ir. M. Yusuf S. Barusman, MBA juga membahas terkait berbagai upaya yang dilakukan oleh civitas akademika UBL, baik dari pembangunan secara fisik maupun sumber daya manusianya.

“Hal ini dibuktikan dengan penghargaan Peringkat I (Pertama) yang diberikan oleh Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah II yang meliputi Sumatera Selatan, Lampung, Bengkulu dan Bangka Belitung selama 4 tahun berturut-turut dengan kategori penilaian yang berbeda,”Lanut Prof Yusuf.

untuk kelompok Universitas dan Institusi yaitu :
Tahun 2019 : Terbaik I dalam kategori “Aspek Kelembagaan & Sumber Daya Manusia”;
Tahun 2020 : Peringkat I (Pertama) dalam kategori “Aspek Kelembagaan & Sumber Daya Manusia”;
Tahun 2021 : Peringkat I (Pertama) dalam kategori “Aspek Kelembagaan & Sistem Informasi”;
Tahun 2022 : Peringkat I (Pertama) dalam kategori “Aspek Kelembagaan, Sistem Informasi dan Kerjasama”;

Selain itu, UBL juga mendapatkan penghargaan dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia 2 kali berturut-turut dalam rangka menerapkan pelaksanaan Peraturan Presiden R.I No. 33 Tahun 2012 tentang Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum Nasional (JDIHN): Tahun 2021 : Sebagai Anggota Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum (JDIH) Nasional Terbaik I Kategori Perpustakaan Hukum PTN/PTS; Tahun 2022 : Sebagai Anggota Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum (JDIH) Nasional Terbaik III Kategori Perpustakaan Hukum PTN/PTS;

“Dan tahun 2022 ini, Universitas Bandar Lampung berkesempatan menerima sebanyak 61 mahasiswa dari 39 Kampus di Indonesia yang mengikuti program PMMDN  Dirjen Dikti memberikan kesempatan bagi Perguruan Tinggi untuk mengadakan Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka Mandiri, dan dalam hal ini, UBL mengirimkan 6 orang mahasiswanya ke University of Kitakyushu, Jepang untuk melaksanakan program Pertukaran Mahasiswa Merdeka Mandiri UBL tersebut.

Ditempat yang sama gubernur lampung mengatakan dalam sambutannya “Saya atas nama pribadi dan atas nama pemerintah provinsi Lampung menyampaikan ucapan terima kasih pada Universitas Bandar Lampung, dimana telah sejak lama yang bersangkutan berkomitmen dalam memajukan pendidikan di Provinsi Lampung khususnya di bidang pendidikan tinggi”Kata Arinal.

Gubernur lampung juga mengatakan Dengan lahirnya para Sarjana maupun Magister baru yang berkualitas, menunjukkan bahwa kita harus memiliki basis pendidikan yang cukup, sebagai bekal meniti kehidupan masa depan, terlebih dalam menghadapi era globalisasi yang menuntut kemampuan untuk dapat bersaing secara sehat dan membangun.

“Karena salah satu tolak ukur kemajuan dan kesejahteraan suatu bangsa, ditentukan oleh tinggi rendahnya pendidikan warga negara itu sendiri”Tutupnya.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *